Apa Artinya Menjadi Anggota Peninjau di MSG?

Menjadi anggota Peninjau di organisasi kawasan berbasis Ras bernama Melanesian Spearhead Group, disingkat MSG mengandung beberapa arti:

  1. Yang pertama, dan terutama, sesama ras Melanesia di kawasan Pasifik Selatan, terdiri dari negara-negara Papua New Guinea, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Kanaky dan Fiji mengakui West Papua sebagai bagian dari keluarga besar Melanesia. Ini menyabung pengakuan yang diberikan oleh Pahlawan Papua Merdeka, K.H. Abdurrahman Wahid, yang telah mengakui nama bangsa dan nama tanah dari Irian Jaya menjadi Papua. Pengakuan atas identitas sosial-budaya ini sangat fundamental, dan harus disyukuri oleh semua orang, di manapun kita berada.
  2. Yang kedua, sebagai konsekuensi kita diakui sebagai bagian dari keluarga Melanesia, maka masalah-masalah yang dihadapi oleh orang Melanesia dalam pendudukan orang Indonesia-Melayu menjadi sorotan MSG. Kita tidak harus langsung bicara tentang Papua Merdeka dulu, tetapi apa-apa saja yang terjadi di Tanah Papua bagian Barat, sudah menjadi masalah dan sorotan keluarga Melanesia.
  3. Urutan ketiga, di sini dengan demikian, kita diberi peluang untuk mengolah keanggotaan kita sehingga mendapatkan tempat di hati para pemimpin di kawasan Pasifik Selatan untuk mendukung kita memperjuangkan penentuan nasib sendiri, sehingga West Papua menjadi merdeka dan berdaulat, di luar NKRI.

Kita harus bersyukur kepada Tuhan dalam doa, dan dalam pelayanan kita, karena penderitaan bangsa Papua sejak tahun 1961 telah didengar dan dijawab Tuhan pada tahun 2016 ini.
Selain daripada itu, kita tidak perlu berbuat banyak, kita bertugas mensyukuri pemberian Tuhan. Amin